Imajinasi " R i e s h o f a "

ekpresi karya dalam dunia maya

Ujian Nasional SMA/MA Tahun Pelajaran 2012/2013 Sebentar Lagi…..?

Posted by Aziz Purwanto pada 8 April 2013

Sesuai Kalender Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA Tahun Pelajaran 2012/2013 akan berlangsung dari tanggal 15 sampai dengan 18 April 2013. Ujian Nasional merupakan rangkaian kegiatan di akhir proses pembelajaran di kelas selama tiga tahun. Dalam Ujian Nasional tahun ini BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) menetapkan POS (Prosedur Operasi Standar) sedikit berbeda dengan POS pada tahun yang lalu, yaitu paket soal yang diujikan dalam tiap ruang ujian terdapat 30 jenis paket soal untuk maksimal 20 peserta ujian dengan rincian 20 paket soal utama dan 10 paket soal tambahan. Paket soal tambahan diperuntukan bagi  peserta ujian yang mengalami kerusakan soal atau LJK (Lembar Jawab Komputer) pada paket soal utama, atau jika terjadi kerusakan LJK dalam mengerjakannya selama ujian berlangsung. Karena semua paket soal berbeda soalnya, walaupun bobot atau tingkat kesulitannya sama, setiap peserta ujian harus selalu berhati-hati dalam mengerjakannya, karena jika terjadi kesalahan harus mengerjakannya seolah-olah dari awal lagi.

Siswa dikatakan berhasil menempuh Ujian Nasional dengan predikat lulus, jika nilai rata-rata semester 3, 4, dan 5 yang porsinya 40% digabung dengan 60 % nilai Ujian Sekolah/Ujian Madrasah, gabungan kedua nilai tersebut dinamakan nilai Sekolah/nilai Madrasah yang 40% nya akan digabung lagi dengan 60% nilai Ujian Nasional, nilai akhir inilah yang harus didapatkan oleh setiap peserta ujian memiliki nilai minimal 4,00 untuk minimal 2 mata pelajaran dan rata-rata nilai semua mata pelajaran yang diujikan adalah 5,50. Adapun mata pelajaran yang diujikan untuk semua program, yaitu program IPA, program IPS, program Bahasa dan Program Keagamaan (khusus untuk MA) jumlahnya ada 6 mata pelajaran,  yaitu :

No

Hari dan Tanggal

Jam

Mata Pelajaran

Program

IPA

Program

IPS

Program

Bahasa

MA Program Keagamaan

1.

UN

Senin, 15 April 2013

07.30 -09.30

Bahasa

Indonesia

Bahasa

Indonesia

Bahasa

Indonesia

Bahasa Indonesia

UN Susulan

Senin, 22 April 2013

2.

UN

Selasa16 April 2013

07.30 -09.3010.30 -12.30

Fisika

Bahasa

Inggris

Ekonomi

Bahasa Inggris

Bahasa Asing

Bahasa Inggris

Tafsir

Bahasa Inggris

UN Susulan

Selasa, 23 April 2013

3.

UN

Rabu17 April 2013

07.30 – 9.30

Matematika

Matematika

Matematika

Matematika

UN Susulan

Rabu, 24 April 2013

4.

UN

Kamis18 April 2013

07.30 -09.3010.30 -12.30

Kimia

Biologi

Sosiologi

Geografi

Antropologi

Sastra Indonesia

Fikih

Hadist

UN Susulan

Kamis, 25 April 2013

Marilah mulai hari ini kita semua saling berdoa, supaya kegiatan akhir dari proses pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana dan harapan yang kita rancang, sehingga bisa tersenyum yang menandakan bisa melewatinya dengan hasil yang memuaskan. Amiin

Ya Alloh …berilah anak-anak kami kesehatan… selama ujian berlangsung…
Sehingga bisa mengerjakan soal-soal dengan penuh semangat dan kegembiraan
Berilah …. anak-anak kami pemahaman…
Sehingga bisa menentukan pilihan jawaban yang benar…
Berilah…anak-anak kami kekuatan dan ketabahan…
Sehingga bisa konsentrasi dan penuh optimisme…

Ya Alloh… Ya Rabbil Izzati… kabulkanlah doa kami…
Dan berikanlah pada kami dan anak-anak kami yang terbaik menurut pandangan-Mu…. Ya Alloh…
Selamat berjuang anak-anakku….
Semoga Alloh meridloi langkah, tindakan, dan mengabulkan doa kami…
Amiin…

 

7 Tanggapan to “Ujian Nasional SMA/MA Tahun Pelajaran 2012/2013 Sebentar Lagi…..?”

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb…

    Aamiin Ya Rabbal’alamiin. Didoakan anak-anak yang bakal menduduki ujian besar ini mendapat kejayaan cemerlang dan dapat menjawab setiap soalan dari kertas-kertas soalan di atas dengan hati yang lapang setelah berusaha belajar dengan bersungguh-sungguh.

    Kalau di Malaysia, ujian ini dinamakan PENILAIAN MENENGAH RENDAH (PMR), setelah 3 tahun belajar. Tetapi tahun 2013 adalah tahun terakhir PMR ini diadakan di Malaysia. Setelah itu peperiksaan ini akan dijalankan secara taksiran dan penilaian.

    Salam kejayaan dari Sarikei, Sarawak. 😀

    • Waalaikum salam Wr. Wb…

      Terima kasih saya haturkan pada saudara saya dari Malaysia ini….
      Semoga dengan doa dan panjatan dari Bunda…siswa-siswa yang akan bertarung pada Ujian Nasional minggu depan bisa mengerjakan dengan benar, sehingga akan mendapatkan nilai/hasil yang maksimal, tentunya setelah mereka bersungguh-sungguh dalam menghadapinya.

      Salam buat semua saudara di Malaysia dari Banjarnegara, Indonesia

  2. ruangimaji said

    Assalamu’alaikum Wr. Wb…

    Sebuah informasi yang sangat bermanfaat bagi para siswa yang akan berjuang menghadapi Ujian Nasional, juga bagi guru-guru mapel UN. Mudah-mudahan bisa dipahami oleh semua pihak agar pelaksanaan ujian bisa berjalan lancar dan mencapai hasil yang memuaskan.

    Terima kasih atas kreativitas ini…

    • Waalaikum salam Wr. Wb…

      Terima kasih juga saya haturkan pada sahabat bolgger “ruangimaji” , semoga dengan coretan ini akan menambah semangat siswa yang minggu depan menghadapi Ujian Nasional untuk meraih hasil yang memuaskan, yang bisa mengangkat nama dan derajat diri sendiri para peserta ujian, orang tua dan almamaternya.

  3. atstsaqofi said

    Assalamu’alaikum
    Amiin
    semoga generasi muda kita, para siswa bisa berjuang dengan sungguh-sungguh menghadapi UN ini. bisa sukses sesukses-suksesnya. Jujur dan percaya diri.
    Semangat..!
    Wassalamu’alaikum

    • Amin…Ya Rabb…
      Semoga perjuangan dan semangat dari para siswa dalam menjelang UN, akan membuahkan hasil yang maksimal dengan izin Alloh Swt. Amiin
      Terima kasih motivasinya

  4. atstsaqofi said

    Assalamu’alaikum
    pak, sekarang sudah pasca UN, kelihatannya sudah layak lagi kalau nulis “Setelah UN berlalu” … Hehe

Tinggalkan komentar